Sablon Sweater Murah Untuk Berbagai Keperluan

Sablon sweater murah untuk berbagai keperluan sudah sejak lama populer sebagai bagian dari dunia fashion. Sablon sendiri adalah sebuah teknik mencetak gambar di atas media berupa kain, kaca, kertas dan media lain yang tidak mengandung air. Teknik sablon pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Jepang sejak tahun 1664. Belum dikenal dengan sebutan sablon namun disebutnya cetak saring. Awalnya orang-orang Jepang menggunakan teknik cetak saring untuk mencetak pola pada kimono. Istilah sablon hanya dipakai oleh masyarakat Indonesia. Kata ini berasal dari bahasa Belanda yaitu schablon.

sablon sweater murahSedangkan sweater adalah pakaian dari rajutan yang berfungsi untuk menutupi badan dan lengan yang digunakan oleh semua kalangan umur baik pria maupun wanita. Sweater biasa digunakan untuk menghangatkan badan baik siang maupun malam hari. Istilah sweater biasa digunakan pada bahasa masyarakat Amerika, sedangkan masyarakat British lebih mengenal jumper atau jersey. Namun kini banyak sekali jenis sweater yang berkembang. Sweater awalnya terbuat dari bahan wol, tapi sekarang juga banyak sweater yang terbuat dari katun, kapas, serat sintetis atau kombinasi dari bahan tersebut. Adapun bahan-bahan lain yang kini juga dipakai membuat sweater antara lain cotton fleece yang berserat lebih besar dan lebih kasar dari bahan kaos, baby terry yaitu bahan yang mirip cotton fleece namun memiliki serat bulu lebih halus dan polyester fleece yaitu bahan yang mengandung plastik dan lebih kaku dari cotton fleece.

Saat ini banyak sablon sweater yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar fashion. Sablon sweater sangat unik dan menarik karena tidak hanya menampilkan sweater yang polos tapi juga dengan menambahkan gambar atau kata-kata yang sedang trend. Sablon sweater bisa diaplikasikan pada jumper, jersey, sweatshirt maupun hoodie. Untuk pengerjaan sablonnya sendiri bisa dengan manual dan digital. Sablon manual artinya proses penyablonan yang masih menggunakan keahlian manusia dengan bantual alat screen dan rakel sedangkan sablon digital adalah penyablonan yang menggunakan mesin. Tergantung pada selera pribadi untuk membuat sablon sweater.

Selain teknik penyablonan, dalam membuat sablon sweater ada beberapa jenis sablon yang bisa diterapkan untuk mendapat hasil yang diinginkan , yaitu :

  1. Sablon Foam

Sablon ini dihasilkan dari tinta yang dipanaskan sehingga mengembang dan membentuk efek timbul. Tinta yang digunakan bisa dari jenis plastiso atau underbase

  1. Sablon Pasta

Hasil sablon yang tidak elastis dan menutup serat kain

  1. Sablon Rubber

Berbeda dari sablon pasta, sablon karet ini elastis dan menutupi serat kain. Tinta untuk salon rubber ini biasanya dari jenis undarbase dan menutupi permukaan warna kain.

  1. Sablon Pigmen

Sablon ini menggunakan tinta yang menyerap ke serat kain. Biasanya digunakan pada jenis kain berwarna terang/putih.

  1. Sablon Plastisol

Sablon yang menggunakan cat berbahan dasar minyak. Sablon plastisol biasanya lebih mahal dan membutuhkan alat khusus untuk mengeringkannya.

Demikianlah beberapa jenis sablon yang bisa digunakan untuk menyablon sweater dan membuat sweater tidak hanya sebagai pakaian hangat namun juga memberi nilai fashion bagi si pemakai.

Comments are closed.