Peralatan Sablon Manual yang Paling Dasar

Peralatan sablon manual tidak cukup satu alat. Perlu ada beberapa peralatan yang mendukung untuk menyablon sebuah kaos. Jika Anda tertarik dengan dunia sablon-menyablon, tentu harus terlebih dahulu tahu apa saja peralatan yang biasa digunakan untuk menyablon. Lebih baik untuk mengetahui peralatan yang berfungsi secara manual agar Anda tidak bingung dengan prinsip kerja alat yang digunakan. Inilah peralatan dari sablon manual yang biasa digunakan untuk menyablon pada kaos.

Peralatan Sablon Untuk Media Penyablonan

screen sablonJika Anda pernah berkunjung ke tempat penyablonan kaos, tentu paling tidak sudah melihat media penyablonan manual.   Dikenal sebagai screen sablon adalah media yang memiliki bentuk persegi panjang. Terbuat dari balok kayu di setiap sisinya. Kemudian pada bagian tengah terpasanga kain yang merupakan screen untuk menyerap tinta sablon dan diarahkan pada kaos. Screen yang biasa digunakan pun memiliki lubang dengan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran lubang screen untuk menyablon kaos memiliki empat pilihan tipe dari T48, ada pula T54, tipe T61, tipe T77, serta tipe T90.

Peralatan Sablon Untuk Cetakan Tinta Sablon

rakel sablonTentu tinta sablon tidak akan begitu saja terserap oleh kaos melalui screen. Perlu adanya tekanan untuk mampu menyetak tinta sablon pada kaos. Dalam peralatan sablon manual, alat ini disebut dengan rakel. Tipe rakel dengan ujung yang tumpul biasa digunakan penyablon untuk membuat cetakan warna dasar. Tipe rakel dengan ujung yang lancip biasa digunakan penyablon untuk membuat cetakan yang lebih jelas dalam menghasilkan raster atau juga sparasi.

Peralatan Sablon Penyemprot

semprotan sablonDiperlukan peralatan satu ini untuk dapat membuat film dalam screen dengan tambahan dari obat afdruk. Dengan keberadaan alat penyemprot ini, maka film akan mampu memudahkan tinta sablon pindah dari atas menuju bawah tempat kaos berada. Sehingga dapat tertempel dengan baik. Biasanya juga diperlukan tambahan sinar ultra violet dapat pula sinar matahari.

Peralatan Pengering Gambar Sablon

pengering sablon Jelas tinta sablon yang sudah menempel di kaos tidak dapat kering dengan sendirinya. Perlu diberi panas dari pengering agar tinta sablon cepat mengering. Dan peralatan yang dapat dikatakan manual tersebut adalah hair dryer.

Peralatan Alas Penyablonan

meja sablonKetika hendak menyablon, agar dapat mudah dan nyaman, maka tentu saja diperlukan alas. Meja untuk sablon adalah serangkaian dari peralatan sablon. Begitu juga dengan sebuah papan yang digunakan sebagai alas kaos saat menyablon. Sehingga tinta dari sablon dapat menempel dengan baik pada kaos.

Itulah peralatan dalam menyablon kaos manual. Memang terlihat manual namun berfungsi dengan baik dalam menghasilkan gambar yang bagus untuk kaos. Jika Anda memang sedang mencari tahu apa saja peralatan manual untuk menyablon, maka beberapa peralatan di atas yang menjadi dasarnya. Untuk itu, jangan lupakan peralatan untuk menyablon dengan mempersiapkan peralatan sablon manual.

Comments are closed.