Sablon Raster dan Cara Merawatnya

Kaos bersablon sudah menjadi kebutuhan bagi kaum remaja. Salah satu hasil sablon yang bagus itu adalah sablon raster. Kaos sablon raster bisa diperoleh di sablon kaos Tangerang Selatan

sablon raster

Apa itu Sablon Raster

Raster adalah salah satu jenis teknik dalam proses sablon. Teknik sablon raster ini juga dikenal sebagai teknik sablon separasi. Metode atau cara cetak sablon raster ataupun separasi ini adalah teknik cetak dengan cara menggabungkan berbagai warna-warna dalam proses sablonnya. Berbagai warna yang digabungkan itu antara lain ada warna Cyan (C), dan Magenta (M), juga Yellow (Y), serta Black (K) atau kombinasi warna ini sering juga disebut sebagai warna CMYK. Kombinasi atau perpaduan campuran dari keempat warna tersebut lantas dapat menghasilkan berbagai macam warna yang menyusun suatu pola hiasan sablon.

Cara Merawat Kaos Sablon Raster

Supaya kaos hasil tersebut dapat awet, tidak luntur atau terkelupas dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang dengan tulisan dan gambar yang masih dalam warnanya yang cemerlang, tidak kusam, maka perhatikan hal-hal berikut ini.

Jangan Rendam Terlalu Lama

Usahakanlah untuk merendam kaos tidak lebih lama dari 1 jam, dan gunakanlah sabun deterjen dengan secukupnya, sebab deterjen bisa mengakibatkan hiasan sablon pada kaos kesayangan menjadi cepat retak atau rusak.

Jangan Disikat

Kemudian jangan sekali-kali pernah menyikat hiasan sablonnya, ini sama saja dengan merusaknya. Termasuk juga agar menghindari kucekan atau juga memerasnya dengan terlalu kuat sebab akan dapat merusak pori-pori kain bahan kaosnya. 

Jemur Secara Terbalik

Lalu juga jemur kaos bersablon raster ini secara terbalik, yakni bagian kaos yang ada hiasan sablonnya di dalam dan dihindarkan dari terik sinar cahaya matahari. Hal ini karena sinar matahari itu bisa membuat pudar warna hiasan sablonnya.

Cuci Secara Manual

Hindari mencuci kaos dengan mesin cuci. Cucilah kaos bersablon dengan cara manual menggunakan tangan. Sebab mesin cuci pada umumnya bisa membuat sablon pada kaos menjadi cepat rusak, dan terkelupas, serta mudah luntur warnanya, dan juga akan membuat pori-pori kaos menjadi kasar. Hal ini karena pada saat kaos dicuci dengan menggunakan mesin cuci maka kaos akan mengalami penarikan dan di putar-putar serta pergesekan dengan benda lainnya yang ada di dalam mesin cuci. 

Setrika Hanya Ketika Sudah Kering

Jangan sekali-kali menyetrika kaos bersablon raster dalam kondisi masih basah, itu akan membuat hiasan sablonnya menjadi terkelupas dan rusak. Tunggu hingga kaos benar-benar telah kering, baru bisa disetrika.

Hasil sablon raster memang akan bisa bagus dan menarik, dalam warna-warna yang menakjubkan, namun juga harus dirawat dengan baik.

Comments are closed.