Kenali Perbedaan Sablon Rubber Dan Plastisol Untuk Menentukan Pilihanmu

Fashion dan gaya busana masa kini senantiasa menunjukkan kemajuan yang pesat guna menarik perhatian dan minat para konsumen. Dalam perkembangan mode dan busana tidak baik kreativitas desainnya, harga yang saling bersaing sampai penggunaan jenis bahan yang patut menjadi perhitungan. Beriringan dengan hal tersebut, kaos sebagai salah satu busana kasual telah mengalami perkembangan dalam desain dan modelnya. Dewasa ini, sering dijumpai adanya kaos sablon untuk berbagai kegiatan dan acara ataupun sebagai seragam suatu komunitas. Kreatifitas yang hadir dalam desain kaos sablon, telah membuat banyak orang memilihnya sebagai busana yang fashionable.

Kaos sablon menjadi gaya busana yang populer yang modern dan kekinian. Bagi para kaum muda yang kekinian, tentunya selera fashion haruslah unik dan menarik. Untuk itu, kaos sablon menjadi busana yang tidak pernah lekang oleh waktu. Setiap orang dapat menuangkan ide kreatifnya pada desain kaos yang unik dan menarik. Kaos sablon tentunya tidak lepas dari kualitas jenis sablon yang digunakan. Jenis sablon yang paling umum digunakan adalah rubber dan plastisol. Bagaimana dan apa perbedaan kedua jenis sablon ini akan dibahas pada ulasan berikut ini.

Sablon Rubber (Karet)

Sablon rubber (karet) adalah jenis sablon yang bersifat elastis. Sablon rubber merupakan sablon yang berbahan dasar air (Water Based) yang artinya jenis tinta sablon ini bersifat menyatu dengan air atau bisa diolah menggunakan air. Sablon jenis ini memiliki karakteristik meresap ke dalam serat kain karena itu hasil sablon terasa lebih lembut di bandingkan dengan tinta sablon berbasis minyak, tinta sablon ini sangat baik mencetak warna gelap untuk kain yang warnanya lebih lembut dan ketahanan terhadap kain bisa tahan lama. Sablon jenis ini juga cocok untuk kain berwarna gelap dan mampu untuk menutup seluruh media tekstil gelap , bahkan yang berwarna hitam sekalipun.

Baca Juga: Beginilah Proses Sablon Manual dengan Kualitas yang Bagus

Sablon Plastisol

Sedangkan plastisol adalah tinta sablon berbasis PVC. Teknik sablon plastisol termasuk dalam kategori sablon manual. Plastisol tidak mudah mampet pada screen, dan juga tidak mudah retak atau pecah ketika prosesnya dilakukan dengan benar. Tinta Plastisol memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis tinta sablon lainnya yaitu sifatnya yang kuat dan sangat cocok di aplikasikan untuk design yang detail berupa titik titik kecil. Hasil cetak sablon plastisol memiliki tekstur yang sedikit mengkilap dan sedikit tebal jika diraba. Dapat menciptakan sablonan yang cukup cerah dan dapat menempel kuat pada kaos walaupun hanya satu kali gesut. Karena sifatnya yang tidak mudah kering sehingga minim limbah. Tinta yang telah digunakan dapat disimpan dan dapat digunakan lagi.

Perbedaan Sablon Rubber dan Sablon Plastisol

Dari penjelasan dia atas, dapat diketahui perbedaan antara sablon rubber dan plastisol yang meliputi:

  • Hasil cetak sablon yang dihasilkan oleh sablon plastisol terasa timbul. Sedangkan cetakan sablon rubber terasa lebih elastis dan memiliki kerapatan yang tinggi.
  • Sablon plastisol merupakan sablon dengan oil based, sedangkan sablon rubber adalah jenis sablon dengan water based.
  • Harga sablon plastisol lebih mahal di banding sablon rubber.
  • Sablon Plastisol merupakan standar sablon kaos di luar negeri sedangkan sablon rubber tidak.
  • Proses sablon rubber menghasilkan limbah lebih banyak daripada plastisol.
  • Proses pengeringan tinta sablon rubber berlangsung lebih cepat ketimbang tinta sablon plastisol.

Setiap jenis sablon, memiliki karakteristik dan keungggulan masing-masing. Anda dapat menentukan pilihan dengan bijak dalam memilih jenis sablon yang paling sesuai dengan keebutuhan. Apabila anda membutuhkan jasa sablon kaos, maka segera hubungi dan kunjungi kami di Rumahsabloncepat.com Kami telah terbiasa mengerjakan order untuk kaos promosi, komunitas, event dan gathering. Kami menyediakan order jasa sablon kaos dalam jumlah besar dengan dateline yang singkat dengan mengerjakan jenis sablon rubber, plastisol, superwhite, discharge, sparasi, spot color. Rumahsabloncepat selalu menjaga hasil produksi hingga menghasilkan kualitas yang sangat baik dengan proses yang cepat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *