Apa Itu Sablon CMYK?

Pada pembuatan hiasan sablon terdapat banyak teknik yang bisa dipilih dan digunakan. Pola warna teknik sablon yang saat ini umum dipergunakan dalam dunia desain ialah pola warna RGB dan pola warna CMYK. Sablon CMYK akan menghasilkan gradasi warna dan variasi warna yang tak terbatas. Kaos dengan hiasan sablon menggunakan teknik CMYK bisa didapatkan di sablon kaos Tangerang

sablon cmyk

Jenis Model Pewarnaan

Warna yang terlihat di layar monitor komputer akan bisa berbeda hasilnya ketika pola desain tersebut dicetak sebagai hiasan sablon. Banyak faktor yang mempengaruhinya, termasuk juga kemampuan dalam menguasai teknik pewarnaannya. Terdapat dua model pewarnaan yang berbeda, yakni RGB (Red Green and Blue) dan  CMYK. Desain pola warna yang telah terlihat menarik pada layar komputer bisa menjadi sia-sia jika salah menerapkan teknik pewarnaannya.

Apa itu Sablon CMYK

Warna CMYK adalah perpaduan warna hasil kombinasi dari warna Cyan, dan Magenta, serta Yellow dan warna kunci atau Key, yakni warna Black atau hitam. Teknik pewarnaan sablon CMYK ini akan memadukan masing-masing pigmen warna tersebut yang dicampurkan dengan komposisi tertentu sehingga bisa menghasilkan warna yang lainnya. Hal ini berbeda dengan model pewarnaan RGB yang masing-masing warna dasarnya memiliki fungsi untuk mencerahkan warna dasarnya. Pada model pewarnaan CMYK ini maka masing-masing warna dasar akan ditimpakan pada suatu medium berwarna putih yang gunanya untuk mengurangi kecerahan warna dari warna dasar yang putih tadi. Sehingga karena itulah maka model pewarnaan CMYK itu dikenal juga sebagai metode atau teknik pewarnaan substractive color model.

Kelebihan Sablon CMYK

Keunggulan dari hasil sablon CMYK adalah memungkinkan hasil pola sablon dalam variasi warna yang tak terhingga, bisa banyak sekali variasi warnanya, sangat luas sekali pilihannya, bisa juga membuat gradasi warna yang beraneka ragam warna, aneka warna baru yang muncul tersebut sebagai hasil perpaduan warna dasar CMYK tadi. Sebagaimana diketahui bahwa jika warna kuning dicampur dengan warna merah akan menghasilkan warna oranye, juga jika warna kuning dicampur dengan warna biru akan menghasilkan warna hijau, dan warna merah yang dicampur dengan warna putih akan menghasilkan warna merah muda, belum lagi jika warna hijau hasil perpaduan antara warna kuning dengan warna biru tadi dicampur dengan warna putih maka akan menghasilkan warna hijau muda dan seterusnya, yang akan sangat banyak sekali variasinya. Keunggulan lainnya lagi ialah karena dengan teknik pewarnaan CMYK ini bisa ditekan biaya atau harganya menjadi lebih murah. Hal ini dikarenakan hanya akan memerlukan maksimal 6 buah warna dasar tinta sablon, untuk menghasilkan warna apapun yang diinginkan. Sebanyak apapun gradasi warna yang diinginkan dan jumlah warna pada pola desain kaos maka tetap hanya akan memerlukan maksimal enam buah warna tinta sablon saja. Hal ini berbeda dengan sablon warna solid atau blok, yang tiap ada penambahan jenis warna akan naik harganya dan menjadi mahal biaya atau harganya. Keunggulan lainnya lagi dari teknik model pewarnaan sablon CMYK ini adalah karena bisa berlangsung dengan cepat prosesnya, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa melihat hasilnya.

Demikianlah teknik pewarnaan CMYK itu, hiasan sablon akan bisa menjadi sangat luas variasi warnanya, hingga tak terbatas variasi dan gradasi warnanya.

Comments are closed.