Teknik Sablon Discharge Untuk Hasil Sablon Berkualitas

Sablon discharge adalah teknik sablon yang saat ini sedang populer. Sablon adalah teknik mencetak tinta di atas sebuah bahan kain dengan bantuan alat screen sablon dan rekel sablon. Teknik sablon ini kita kenal pada printing kaos oblong dan juga terdapat pada tas-tas berbahan kain atau kanvas, dan sebagainya. Ada bermacam-macam teknik sablon yang digunakan saat ini seperti misalnya sablon rubber yang memiliki tekstur elastis dan menutup serat kain, ada lagi sablon glow in the dark yang bahan kimianya dicampur dengan fosfor sehingga bisa menyala dalam gelap, dan bermacam teknik sablon lainnya. Teknik sablon yang akan kita bahas kali ini adalah teknik discarge atau sablon cabut warna. Seperti apa tekniknya dan apa kelemahan serta kelebihannya?

Teknik sablon discharge

Teknik sablon discharge adalah teknik yang menghilangkan warna pada kain kemudian digantikan dengan warna tinta sablon. Tinta yang digunakan akan menonaktifkan zat warna pada kain dan menggantinya dengan warna tinta sablon, dengan begitu hasil sablon yang jadi akan terlihat menyatu dengan kain, tidak timbul dan terasa halus.

Sebelum di HeatPress

Hasil sablon sebelum di HeatPress

sablon discharge

Hasil sablon setelah di Heatpress

Tinta yang digunakan untuk teknik discharge menggunakan bahan dasar air sehingga tidak merusak serat kain ketika disablon.

Tidak semua jenis kain bisa di-discarge

Teknik sablon discarge lebih banyak diterapkan pada kain katun 100% yang berwarna gelap. Karena jika digunakan pada warna yang terang atau putih, yang akan terjadi adalah warna kaos jadi terlihat seperti dua lapisan di mana warna kaos akan terlihat kusam dan warna sablonnya lebih terang. samping itu, teknik sablon ini tidak cocok digunakan pada kain dengan bahan sintetis misalnya yang mengandung polyester.

Ada beberapa warna kain yang tidak begitu cocok ketika dicabut dan diganti dengan warna tinta misalnya warna biru, ungu, dan juga hijau. Jika memang mau menyablon warna kain putih dengan teknik discarge ini, Anda bisa menggunakan tinta pigmen putih meski hasilnya nanti warna putih pada kain tidak bisa tercabut seluruhnya dan membuat hasil sablon tampak kurang natural.

Kelebihan dan kelemahan lain dari teknik sablon cabut warna

Secara umum, teknik sablon discharge punya kelebihan hasil sablonan yang halus dan menyatu dengan serat kain,warna yang dihasilkan juga tampak bagus dan lebih alami. Pengerjaan sablonnya juga relatif lebih mudah dengan hasil yang memuaskan karena itu teknik ini makin populer digunakan. Sedangkan kekurangan dari teknik ini adalah sulit diterapkan pada warna kain dengan multicolor atau memiliki warna lebih dari satu, karena sulit untuk menerapkan warna tinta secara akurat agar hasilnya tidak merusak warna kain yang full color. Bahan kimia yang digunakan pada sablon ini juga bisa menimbulkan iritasi pada mata dan kulit apabila kain bersablon digunakan atau menyentuh kulit sebelum kainnya dicuci. Itulah dia beberapa hal mengenai teknik sablon discharge.

Comments are closed.