Tips Singkat Membuka Usaha Sablon Kaos Manual

Membuka usaha sendiri menjadi banyak harapan setiap orang. Banyak jenis usaha yang bisa anda buat, baik dengan modal yang kecil hingga yang sangat besar. Bisnis sablon kaos menjadi salah satu bisnis yang digemari saat ini. Penyebabnya adalah bisnis ini dikenal dengan modal yang cukup ringan dan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan anda yang masih bersekolah. Walaupun mudah, anda tidak bisa sembarangan membuat usaha ini. Berikut adalah beberapa tips membuat usaha sablon kaos manual.

usaha sablon kaos manual

Pahami dulu cara membuat sablon kaos manual

Oleh karena anda akan membuka usaha sablon kaos manual, maka, setidaknya, anda harus memahami cara membuatnya. Hal ini penting agar dalam proses produksi, anda dapat menghasilkan kualitas sablon yang sangat bagus dan memiliki peralatan sablon yang memadai, walaupun nantinya bukan anda yang melakukan proses sablon. Mengetahui proses sablon manual juga membantu anda dalam proses pengawasan karyawan dan pengawasan produksi supaya tetap memiliki kualitas yang tinggi.

Memilih peralatan sablon yang berkualitas

Pengetahuan tentang cara membuat sablon manual juga berkaitan tentang memilih peralatan sablon yang berkualitas. Beberapa peralatan sablon yang wajib anda miliki adalah screen sablon, emulsi sablon (obat afdruk), tinta sablon, rakel, meja afdruk sablon, dll. Pilihlah peralatan dan bahan sablon yang sesuai budget atau modal anda. Namun, pastikan peralatan dan bahan tersebut memiliki kualitas yang bagus jika anda ingin usaha sablon kaos manual anda berkualitas.

Menentukan target market

Dalam usaha, selalu ada unsur “people” atau siapa yang kita sasar sebagai target market kita. Jika anda merupakan orang baru di dalam usaha sablon ini, maka disarankan untuk memilih range usia tertentu, jangan mengambil target semua golongan. Saran yang dapat diberikan kepada anda adalah buatlah target market usaha anda ke anak-anak usia sekolah, sekitar dari SMP hingga Universitas (14-22 tahun). Biasanya, target usia tersebut memiliki banyak urusan kekerabatan dengan teman sekelas atau perkumpulannya dan produk kaos sablon menjadi pilihan sebagai kenang-kenangan. Jika usaha anda sudah berkembang pesat, baru anda bisa menyasar target usia lainnya.

Menentukan harga dan promosi

Setelah semua hal tersebut sebelumnya sudah dijalani, maka saatnya anda menentukan harga. Pastikan anda memasang harga yang masuk akal dan cocok dengan target market anda. Harga yang anda tetapkan juga menyesuaikan dengan modal dan bahan yang anda keluarkan. Selain itu, harga pun harus bisa bersaing di pasaran, mengingat banyak sablon kaos terdekat yang juga memiliki kualitas baik. Melakukan promosi juga sangat penting untuk kelangsungan usaha sablon kaos manual anda. Promosi dengan metode dan media yang tepat akan menghasilan pelanggan yang banyak, bahkan bisa menyebar hingga daerah yang lebih jauh dari anda berada.

Comments are closed.