Kaos Sablon dan Jenisnya untuk Kebutuhan Seragam Kaos

Kaos sablon dengan berbagai desain menjadi trend yang digemari oleh banyak orang khususnya anak muda. Tidak sedikit jasa yang menyediakan layanan sablon kaos dengan desain custom sesuai kebutuhan. Bahkan, banyak orang yang memilih kaos sablon sebagai seragam komunitas, event, kegiatan dan acara lainnya. Desain unik dan menarik dapat disuguhkan sebagai kaos sablon yang kekinian. Pemilihan kaos sablon juga menawarkan kenyamanan bagi pemakainya karena sifat bahannya yang cenderung menyerap keringat. Sehingga tidak heran apabila kaos sablon digunakan untuk berbagai kegiatan.

Bagi anda yang ingin membuat kaos sablon, penting untuk mengetahui apa saja jenisnya. Berikut ini jenis sablon yang umum digunakan dalam berbagai acara dan kegiatan.

  • Sablon Rubber

Sablon ini bersifat menutupi serat kain yang timbul serta hasil sablon yang sangat elastis. Sablon rubber merupakan jenis tinta sablon yang paling banyak digunakan karena tingkat kepekatannya yang cocok untuk menyablon kain berwarna gelap. Selain itu, jenis  ini biasanya dimanfaatkan untuk sablon dasar sebelum kain disablon dengan yang lain. Keunggulannya adalah sablon ini cenderung awet, bisa disetrika, dan harganya yang cukup murah.

  • Sablon Plastisol

Sablon ini terbuat dari minyak atau biasa disebut PVC yang mempunyai daya rekat sangat kuat. Plastisol menjadi salah satu jenis sablon mahal karena mempunyai beberapa kelebihan seperti dapat mencetak dot atau raster dengan ukuran sangat kecil. Untuk dapat mengeringkan sablon plastisol ini dibutuhkan suhu minimal 160 derajat celcius sehingga membutuhkan sebuah alat khusus untuk mengeringkannya.

  • Sablon Discharge

Jenis sablon yang satu ini termasuk unik dan juga cukup awet, karena sablon jenis Discharge akan mampu meresap ke dalam kain sehingga akan mengubah warna benang yang membentuk kaos tersebut. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat menggunakan sablon jenis ini, yaitu kualitas warna yang akan menurun tingkat kecerahannya pada saat sablon meresap, tidak cocok digunakan pada beberapa warna kaos (birum ungu, hijau), dan tidak cocok digunakan pada beberapa jenis kaos.

Baca Juga: Kenali Jenis Tinta Sablon Discharge yang Unggul untuk Kaos Sablon

Dalam memilih jenis sablon yang awet dan tahan lama, pertama-tama anda harus mengenali terlebih dahulu apa saja ciri dan karakteristik dari suatu tinta sablon. Selain itu jenis dan warna kaos apa yang tepat untuk sablon jenis tersebut juga penting. Sementara warna berpengaruh dikarenakan tinta sablon memiliki warna khas dan efek warna yang juga khas sehingga apabila ditempelkan pada warna dasar kaos yang tidak tepat malah akan memberikan hasil yang jelek atau tidak maksimal. Ada 5 kategori warna dalam pemilihan bahan kaos sablon, dimana masing-masing kategori memiliki variasi pilihan warna yang berbeda yaitu:

  • Warna putih : Kategori warna ini hanya memiliki satu karekteristik saja, yaitu putih.
  • Warna hitam : Kategori warna hitam pada kain bahan kaos dibedakan ke dalam warna Hitam Reaktif dan Hitam Sulfur.
  • Warna Muda : Kategori warna muda pada kain bahan kaos meliputi warna Tosca Muda, Abu Muda, Biru Muda, Ungu Muda, Pink, dan Salem.
  • Warna sedang : Pada kategori warna sedang, warna kain bahan kaos meliputi Kuning Kenari, Kuning Emas, Orange, Hijau Full, dan Hijau Pucuk.
  • Warna tua : Untuk kategori jenis warna tua, maka pilihan warnanya meliputi Maroon, Merah Cabe, Coklat tua, Hijau TNI, Navy, Biru Benhur, Turqis Tua, Abu Tua, Ungu Tua, dan Merah Fanta.

Anda butuh jasa sablon kaos? Segera hubungi atau kunjungi RumahSablonCepat yang merupakan tempat pembuatan kaos sablon terdekat di Jakarta dan Tangerang. Kami telah terbiasa menerima order jasa sablon kaos dalam jumlah besar dengan dateline yang singkat. Kami mengerjakan jenis sablon rubber, plastisol, superwhite, discharge, separasi, spot color. Rumahsabloncepat selalu menjaga hasil produksi hingga menghasilkan kualitas yang sangat baik dengan proses yang cepat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *