Sablon Baju Berkualitas Yang Harus Kamu Tahu

Pastinya kamu sudah familiar dengan jasa sablon baju. Ya, bisnis ini belakangan semakin naik daun. Karena industri kreatif semakin berkembang, bisnis-bisnis yang berkaitan dengan bidang ini pun semakin laris. Termasuk juga sablon baju.

Kamu pun pasti tidak asing lagi dengan bisnis sablon. Kegiatan kepanitiaan atau organisasi apa pun, pasti akan pernah membuat kaos. Bahkan mungkin kamu sedang mencari tempat sablon kaos di Jakarta atau sekitarnya demi membuat kaos untuk kegiatanmu.

Nah, artikel ini akan mengupas tuntas semua yang perlu kamu ketahui tentang sablon baju berkualitas. Yuk simak!

jasa sablon kaos

Apa Itu Sablon Baju?

Sablon adalah teknik mencetak dengan tinta pada berbagai media. Sablon sering digunakan untuk mencetak gambar pada kain karena memiliki banyak keunggulan. Yaitu:

  • Stabil: Gambar hasil sablon tidak mudah hilang.
  • Fleksibel: Bisa digunakan untuk berbagai jenis kain. Sablon juga bisa memberikan berbagai efek menarik, seperti metalik, glitter, bahkan glow in the dark.
  • Ekonomis: Sablon memiliki biaya cetak yang cukup terjangkau. Selain itu, bisa digunakan untuk cetak satuan maupun massal.

Selain keunggulan diatas, teknik sablon juga mudah dipelajari. Memulai bisnis sablon pun tidak membutuhkan modal yang terlalu besar jika dibandingkan dengan bisnis percetakan lain. Tidak heran sekarang banyak jasa sablon baju murah Bogor dan kota-kota besar lainnya.

Dasar Teknik Sablon

Lalu, bagaimana caranya mentransfer desain ke baju untuk mendapatkan hasil yang berkualitas?

Teknik sablon sebenarnya tidak rumit. Apalagi untuk sablon digital yang menggunakan mesin. Banyak jasa sablon baju murah di Bekasi dan kota-kota lainnya yang menawarkan kedua jenis sablon, digital dan manual.

Eits, tapi sablon manual pun sudah cukup sederhana lho. Sablon manual disebut juga screen printing karena menggunakan alat yang dinamakan screen.

Screen adalah media berbentuk kain khusus yang dipasang di frame balok persegi empat. Gunanya untuk mengantarkan tinta sablon ke kain.

Secara garis besar, proses sablon manual adalah sebagai berikut:

Membuat Desain

Pembuatan desain tidak hanya soal menyiapkan gambar dan tulisan yang akan disablon lho. Ada yang dinamakan proses pecah warna.

Dalam proses pecah warna, setiap warna pada desain harus dipisah. Untuk setiap screen sablon harus ada 1 warna saja. Ini salah satu alasan harga sablon semakin mahal kalau warnanya semakin banyak. Tentu proses pembuatannya lebih rumit.

Setelah itu, desain dicetak pada kertas transparan untuk dibuat master

Membuat Master Film

Tahap selanjutnya adalah pembuatan master film atau afdruk. Afdruk adalah proses penyinaran scree sablon. Hasil cetak desain ditempel pada screen yang sudah diolesi cairan emulsi khusus.

Kemudian, lampu pijar diarahkan ke gambar. Tidak boleh ada lampu lain. Maka, harus dilakukan di ruangan yang benar-benar gelap.

Setelah 10-15 menit, kertas bisa disingkirkan. Desain akan tertempel pada screen.

Menyablon Kaos

Setelah gambar di afdruk, screen dibersihkan dari emulsi dari air dingin. Kemudian kaos diletakkan pada bidang datar, biasanya meja sablon kaos. Screen diletakkan pada area yang ingin di sablon.

Setelah itu, tinta dituangkan pelan-pelan dan diratakan dengan rakel. Rakel adalah alat untuk meratakan tinta pada kain. Karena per screen hanya satu warna saja, sudah pasti sablon hanya bisa dilakukan per warna.

Mengeringkan Kaos

Kalau desain sudah tercetak dengan sempurna, kaos bisa dikeringkan. Untuk menunggu tinta kering bisa dijemur saja.

Tetapi, kalau ingin lebih cepat, tinta bisa dikeringkan dengan microwave atau hair dryer. Dengan ini, tinta juga bisa menempel dengan lebih baik. Ada pula teknik finishing seperti hot press atau mesin curing untuk hasil yang berbeda-beda.

Sablon Digital VS Manual

Selain proses manual, ada sablon digital yang lebih cepat dan praktis. Harga sablon baju kaos digital atau DTG (direct to garment) lebih murah untuk cetak satuan. Keunggulan lain sablon DTG adalah warnanya bisa dibuat efek gradasi.

Namun, kualitas sablon manual lebih baik daripada sablon DTG. Apalagi jika tinta yang digunakan untuk DTG kurang kualitasnya.

Tetapi, untuk cetak dalam jumlah banyak, biaya sablon manual jatuhnya lebih murah. Selain itu, sablon manual unggul dalam efek khusus seperti sablon timbul, pigment, rubber, dan lain-lainnya.

Sablon DTG dan manual memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Manual atau DTG, pilihlah yang lebih sesuai kebutuhan.

Memilih Tempat Sablon

Setiap jasa sablon kaos memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Lalu, bagaimana memilih tempat sablon kaos murah di Jakarta Timur yang sesuai? Ada banyak sekali yang menawarkan jasa sablon.

Jangan pusing dulu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu perhitungkan sebelum memilih tempat sablon yang paling cocok.

Desain

Desain adalah hal yang paling mendasar dalam memilih jasa sablon. Walaupun desain memang dari kita, kita harus mengkomunikasikannya dengan baik kepada penyedia jasa sablon. Dengan begitu kita bisa mendapatkan kaos yang sesuai desain.

Kamu bisa memilih tempat sablon kaos yang juga menyediakan layanan desain. Kamu bisa berkonsultasi desain kepada mereka. Seandainya ada yang kurang, mereka bisa memberikan masukan.

Tempat sablon kaos yang sudah berpengalaman pasti bisa memberikan masukan yang baik. Nah, kalau layanan yang kamu dapat profesional, biasanya tempat itu bisa dipercaya. Karena sudah berpengalaman, mereka pasti tahu apa yang paling cocok buat kamu.

Kualitas dan bahan kaos

Pastikan bahwa yang digunakan adalah konveksi kaos distro terbaik dengan kaos berkualitas tinggi. Selain itu, banyak jasa konveksi yang menggunakan bahan yang berbeda-beda. Penting sekali untuk mengetahui terlebih dahulu bahan apa yang cocok dengan desain dan sablon yang kamu inginkan.

Kalau kamu masih awam dengan urusan persablonan, kamu bisa berkonsultasi dengan jasa sablon terlebih dahulu. Tanyakanlah jenis kaos dan sablon yang cocok untuk desain kamu. Jika mereka sudah berpengalaman, pasti kamu akan dilayani dengan baik.

Harga

Tentu saja sebelum kamu mempercayakan desain kepada jasa sablon, kamu harus melihat dulu harganya.

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan mengenai harga sablon. Yang pertama adalah harga kaos polos distro yang digunakan untuk mencetak sablon. Harga pun harus sesuai dengan kualitas kaos dan desain.

Nah, desain juga berpengaruh. Semakin banyak warna yang digunakan, tentu saja harga semakin mahal karena prosesnya semakin sulit. Ditambah lagi, kaos yang biasa saja sudah pasti lebih murah jika dibandingkan dengan sablon yang menggunakan efek khusus. Seperti rubber, sablon timbul, metalik, atau glow in the dark.

Selain itu, jumlah kaos yang dicetak juga berpengaruh lho. Cetak satuan biasanya lebih mahal. Beberapa jasa sablon juga mewajibkan jumlah minimal pencetakan, biasanya selusin. Di sisi lain, di banyak layanan sablon yang menawarkan harga semakin murah jika jumlah kaos wsemakin banyak.

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui dalam memilih jasa sablon baju. Semoga membantu kamu mendapatkan tempat yang tepat.

Comments are closed.